Tuesday, July 16, 2024
Indonesia
6,813,429
Total confirmed cases
Updated on September 27, 2023 3:55 am

SPKSM Gelar Latihan Gabungan, Ilzam Ajak Para Pendekar Lestarikan Pencak Silat

Dalam rangka menjaga dan mempererat tali silaturahmi, persaudaraan perguruan pencak silat di Madura, Sarana Pelestari Kesenian Silat Madura (SPKSM) merangkul perguruan silat dari Kabupaten Bangkalan dan Sampang dalam latihan bersama di lapangan Desa Somorkoneng Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, Sabtu malam, (4/3/2023).

Latihan bersama itu diikuti sekitar 15 perguruan silat, Di antaranya PPS. Perisai Diri, PPS. Sondah Selera Warna, PPS. Garuda Sakti Muda Rabesen, PPS. Lesap Tapak Kaki Kuda, PPS. Cempaka Putih Sembilan Alas Kembang, Panglima Pancer Rabesan, PPS. Pagar Alas Sukolilo, PPS. Damdam Utara Sampang, PPS. Putra Setia Galis, PPS. Persaudaraan Setia Hati Terate, PPS. Janur Kuning Sukolilo, PPS. Lepas Nyata Labang, PPS. Bintang Bawean Putra, PPS. Macan Putih dan PPS. Garuda Sakti Muda cabang Somorkoneng yang sekaligus menjadi tuan rumah kegiatan ini.

Ilzam Musholeh, Wakil Ketua Pengurus Pusat SPKSM menyampaikan Latihan gabungan pencak silat ini bertujuan sebagai pembinaan dan pelestarian budaya nusantara.

Dirinya berharap kepada para pesilat, untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan, agar dapat memberikan yang terbaik untuk perguruan, daerah, dan bangsa Indonesia dengan prestasi yang membanggakan melalui olahraga pencak silat.

“Tradisi pencak silat merupakan kebanggaan bangsa Indonesia dan telah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya tak benda, ini harus selalu kita jaga, nilai dalam tradisi pencak silat adalah jati diri budaya Indonesia. Semoga melahirkan generasi penuh bakat, memiliki rohani dan jasmani yang sehat, dan memberikan yang terbaik untuk bangsa”. ucap Ilzam yang saat ini mencalonkan diri dalam Pileg 2024 nanti.

Dalam kegiatan ini, sejumlah perguruan silat menampilkan keahliannya dalam memperagakan teknik-teknik pencak silat.

Yang menarik, kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh peserta dewasa, namun jg banyak diikuti oleh anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

“Ini menjadi bukti bahwa keberlangsungan seni budaya pencak silat masih banyak diminati, saya bangga generasi-generasi ini berkegiatan positif khususnya dibidang olah raga, semoga bisa melahirkan generasi yang berprestasi,” pungkas Ilzam.

Meski digelar secara sederhana, kegiatan ini ramai dihadiri ratusan peserta dan warga yang turut menyaksikan. Tampak hadir Komandan KODIM 0829 Bangkalan, Letkol Kav. Taufik Dwinova, Danramil Kwanyar, Kapten Inf. Ali Imron, Danramil Tanah Merah, Kapten Kav. Iman Ghazali, Kapolsek Kwanyar, AKP. Moh. Mansyur, Kapolsek Tanah Merah, AKP. Buntoro, Kepala Desa Somor Koneng, Kepala Desa Janteh serta tokoh-tokoh masyarakat.*

 

Stay Connected

16,985FansLike
564,865FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

Related News

Related Stories